Pembayaran tagihan IndiHome kerap disepelekan. IndiHome menyiapkan banyak cara bagi pelanggan yang ingin membayar tagihan IndiHome. Pelanggan IndiHome mendapatkan kemudahan ketika ingin membayar tagihan IndiHome.
IndiHome menjadi salah satu provider jaringan internet terkemuka di Indonesia. IndiHome menggunakan teknologi Fiber Optik yang canggih dengan 3 layanan utama, yakni Internet Fiber, Telepon Rumah dan TV Interaktif.
Pengalaman IndiHome sudah lebih dari 8 tahun melayani seluruh pelanggan di seluruh Indonesia. IndiHome berdiri sejak tahun 2015 lalu. IndiHome sendiri memiliki 8 juta pelanggan yang tersebar di 512 kota/kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia. Memiliki pelanggan dari berbagai kalangan, IndiHome memberikan kemudahan dalam hal membayar tagihan bulanan. IndiHome menyiapkan banyak cara bagi pelanggan yang akan membayar tagihan paket IndiHome.
1. Tagihan IndiHome Itu Apa ?
Tagihan seringkali membuat pelanggan kebingungan. IndiHome memiliki metode pembayaran tagihan yang tak menyulitkan pelanggan. Ada banyak cara untuk melakukan untuk membayar tagihan IndiHome.
Soal tagihan ini, IndiHome memiliki aturan tersendiri soal waktu penmbayaran tagihan kepada semua pelanggannya. Ketentuan IndiHome soal tagihan tadi, yakni ;
- Pelanggan IndiHome akan menerima tagihan IndiHome untuk penggunaan bulan sebelumnya pada tanggal 3 bulan saat itu.
- Silakan melakukan pembayaran sebelum tanggal 21 bulan berjalan. Jika tidak, pelanggan IndiHome mungkin mengalami gangguan pada layanan Anda dan akan dikenakan penalti 5%.
2. Bagaimana jika Telat Bayar Tagihan IndiHome ?
IndiHome memberikan tenggat waktu bagi pelanggan untuk membayar tagihan di setiap bulannya. Ada beberapa sanksi yang akan didapatkan oleh pelanggan jika telat membayar tagihan IndiHome.
Berikut ini beberapa sanksi telat membayar tagihan IndiHome, yakni ;
- Denda Keterlambatan
Pelanggan wajib membayar biaya tagihan langganan bulanan sebelum tanggal 20. Melewati tanggal 20, denda keterlambatan bisa dikenakan kepada pelanggan IndiHome. Denda keterlambatan ini mulai dari 5 % sampai 10 % dari biaya tagihan yang dibayarkan per bulan.
- Internet Diisolir
Tak hanya mendapatkan denda keterlambatan sebesar 5 % sampai 10 %, pelanggan pun bisa mendapatkan denda tambahan. Denda yang dimaksud itu adalah internet diisolir jika melewati telat membayar biaya langganan tanggal 20. IndiHome akan memutus sambungan Layanan IndiHome (Telepon, Internet, dan/atau IndiHome TV) akan di-Isolir mulai tanggal 21.
- Denda Pencabutan Layanan
Jika telat pembayaran terus berlanjut, ada sanksi lain tak hanya harus membayar denda keterlambatan. Tiga bulan berturut-turut tidak membayar biaya bulanan, bisa menyebabkan denda pencabutan layanan.
- Denda Pengakhiran
Sanksi lain bisa didapatkan oleh pelanggan IndiHome menunggak biaya bulanan tagihan selama 3 bulan berturut-turut. Akan berlaku denda pengakhiran jika berhenti langganan sebelum mencapai 12 (dua belas) bulan. Menurut aturan kontrak berlangganan IndiHome, pelanggan wajib menjalani minimal 12 bulan langganan. Denda pengakhiran ini sebesar 1 juta Rupiah.
3. Cara Bayar Tagihan IndiHome
Seperti disinggung sebelumnya, IndiHome memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam hal pembayaran tagihan IndiHome. Pelanggan IndiHome dapat membayar tagihan bulan melalui berbagai metode pembayaran yang telah disediakan untuk membayar paket IndiHome.
Berikut ini beberapa platform metode pembayaran yang dapat digunakan pelanggan, yakni;
- ATM
Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sudah sangat masif di Indonesia, tak hanya di kota besar, tapi juga sudah sampai ke daerah-daerah. Kondisi ini memungkinkan pelanggan Telkomsel untuk membayar tagihan layanan telekomunikasi dengan mudah, aman, dan tanpa biaya tambahan.
- Kartu Kredit
Beberapa tahun terakhir, kartu kredit juga kian menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia. Menggunakan kartu kredit, pelanggan wajib memakai kartu kredit Visa atau Mastercard. Selain itu, kartu kredit harus telah tersedia akun Autodebit di bank (tidak semua bank menerima akun Autodebit).
- Internet Banking
Sebelum menggunakan internet banking, diharapkan pelanggan IndiHome memeriksa apakah bank Anda termasuk di dalamnya. Perlu ditegaskan, hanya tersedia untuk bank yang berpartisipasi.
- Mobile Banking
Pembayaran tagihan IndiHome kian dipermudah melalui cara mobile banking. Cukup menggunakan smartphone, Anda bisa membayar melalui mobile banking. Pelanggan bisa membayar melalui Mobile Application Banking.
Pelanggan perlu memasukkan nomor IndiHome / telepon pada menu pembayaran. Perlu ditegaskan pula, mobile banking hanya tersedia untuk bank yang berpartisipasi.
- SMS Banking
Selain mobile banking, pelanggan IndiHome juga bisa menggunakan SMS Banking. Pelanggan dapat mengaktifkan SMS Banking, caranya dengan mendaftar ke bank yang sudah memiliki layanan SMS Banking. Perlu ditegaskan pula, penggunaan SMS Banking hanya tersedia untuk bank yang berpartisipasi.
- Uang Tunai
Ditengah kepungan sistem online, IndiHome pun tetap menyediakan sistem manual seperti uang tunai. Pelanggan IndiHome dapat membayar tagihan Telkomsel secara tunai (tunai) di lokasi fisik (mis. GraPARI, Indomart, dll.)
- LinkAja
Bagi yang belum tahu, LinkAja adalah layanan uang elektronik untuk transaksi apa pun. LinkAja bisa membeli pulsa/data, bayar merchant, bayar tagihan, kirim donasi, kirim uang hingga bayar asuransi dan mengajukan pinjaman.
Adapun tata cara membayar tagihan melalui LinkAja, yakni ;
- Login aplikasi myIndiHome
- Selanjunya, pilih menu Tagihan atau Layanan Tambahan yang diinginkan.
- Pilih metode pembayaran LinkAja.
- Lalu, masukan nomor dan pin LinkAja.
Demikian informasi soal tagihan IndiHome. Pelanggan memberikan banyak kemudahan untuk melakukan proses pembayaran tagihan paket IndiHome milik Anda.***

