Pelanggan punyak hak dan kewajiban saat menikmati paket IndiHome. Agar pelanggan tidak terkena denda IndiHome, 4 tips ini bisa diterapkan secara konsisten setiap bulan. Selain bisa terhindar dari denda IndiHome, pelanggan IndiHome pun bisa nyaman menikmati layanan internet dengan lancar jaya.
Sudah sejak lama, IndiHome memberikan layanan internet kepada pelanggan di seluruh Indonesia, termasuk di Jogja dan sekitarnya. IndiHome sendiri sudah melayani jasa penyediaan jaringan internet sejak tahun 2015 lalu. IndiHome kini berada di bawah naungan Telkomsel.
Tak hanya melayani kalangan menengah atas, IndiHome pun memberikan perhatian penuh kepada kalangan menengah ke bawah. Berpengalaman sejak tahun 2015 lalu, IndiHome memberikan pelayanan yang sama kepada semua kalangan.
Sudah lebih dari 8 juta pelanggan IndiHome di seluruh Indonesia. Jaringan IndiHome pun tersebar sampai 500 lebih kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Berdasarkan data ini, IndiHome mendapatkan kepercayaan pelanggan dari berbagai wilayah di Indonesia.
1. Paket IndiHome Apa Aja Sih ?
Ada banyak jenis paket di IndiHome. Harga paket IndiHome pun beragam, mencakup semua kalangan masyarakat di Indonesia.
Sebelum lebih khusus membahas paket internet IndiHome dengan harga wifi murah, pelanggan dan calon pelanggan IndiHome perlu mengetahui keuntungan berlangganan IndiHome. Keuntungan ini menjadi keunggulan IndiHome dibandingkan jasa penyedia provider jaringan lainnya, yakni ;
- Mudah
- Cepat
- Terjamin
- Berpengalaman
- Pelayanan Ramah
Jika dirangkum, ada 4 jenis paket IndiHome. Keempat paket IndiHome tadi, yakni ;
- Paket 1P (internet only): Memberikan kecepatan mulai internet 30 Mbps sampai 100 Mbps.Harga paket ini dimulai dari harga 280 Rupiah sampai 375 ribu Rupiah.
- Paket 2P (internet + telepon): Memberikan kecepatan mulai dari 30 Mbps sampai 50 Mbps. Harga paket ini dimulai dari harga 300 Rupiah sampai 360 ribu Rupiah.
- Paket 2P (internet + tv interaktif) : Memberikan kecepatan mulai dari 30 Mbps sampai 50 Mbps. Harga paket ini dimulai dari harga 370 Rupiah sampai 505 ribu Rupiah.
- Paket 3P (internet + telepon + tv interaktif) : Memberikan kecepatan mulai dari 30 Mbps sampai 50 Mbps. Harga paket ini dimulai dari harga 360 Rupiah sampai 515 ribu Rupiah.
2. Denda IndiHome Apa Aja ?
Setelah mendapatkan layanan terbaik dari IndiHome, pelanggan pun memiliki kewajiban untuk membayar tagihan biaya bulanan hingga melakukan perawatan terhadap semua fasilitas IndiHome yang dipakai seperti modem, STB hingga router. Pelanggaran terhadap kewajiban tadi membuat pelanggan mendapatkan hukuman berupa denda IndiHome.
Secara singkat, denda IndiHome dapat dibagi menjadi 3 macam, yakni ;
- Denda Keterlambatan : Berlaku jika pelanggan tidak membayar biaya langganan sesuai waktu yang telah ditetapkan. Besaran denda mulai dari 5 % sampai 10 % dari biaya tagihan yang dibayarkan per bulan.
- Denda Pencabutan Layanan IndiHome : Berlaku jika pelanggan tidak membayar biaya langganan sampai 3 bulan berturut-turut.
- Denda Pengakhiran : Berlaku jika pelanggan berhenti berlangganan tidak sesuai perjanjian, yakni berhenti sebelum belum mencapai 12 (dua belas) bulan.
- Masuk Daftar Hitam atau Blacklist : Berlaku jika pelanggan melakukan tindakan jual beli layanan layanan IndiHome dalam bentuk apa pun.
3. Bagaimana Jika Tidak Membayar Tepat Waktu ?
Berdasarkan ketentuan kontrak berlangganan IndiHome terbaru, pelanggan wajib untuk membayar biaya langganan tepat waktu. Maksud ‘tepat waktu’ ini adalah sebelum tanggal 20. Jika melewati tanggal 20, pelanggan akan mendapatkan denda IndiHome.
Pelanggan IndiHome yang terlambat membayar biaya langganan tersebut mendapatkan 2 denda IndiHome, yakni ;
- Denda Keterlambatan : Jika terlambat membayar biaya langganan sampai tanggal 20, pelanggan akan mendapatkan denda keterlambatan sebesar 5% dari total tagihan. Jika belum membayar juga sampai masuk tanggal 1 di bulan baru, denda keterlambatan akan naik menjadi 10 % sesuai biaya tagihan.
- Internet Diisolir : Pelanggan yang belum membayar dan melewati tanggal 20, IndiHome akan memutus sambungan Layanan IndiHome (Telepon, Internet, dan/atau IndiHome TV) akan di-Isolir mulai tanggal 21.
4. Empat Tips Agar Tidak Terkena Denda IndiHome
Sebelumnya sudah disinggung soal macam-macam denda IndiHome jika pelanggan IndiHome tidak melakukan kewajiban sesuai ketentuan berlaku. Denda IndiHome yang diberikan mulai dari denda keterlambatan sampai pencabutan layanan.
Agar terhindar dari denda IndiHome, berikut ini 4 tips yang bisa diterapkan oleh pelanggan IndiHome agar bisa menikmati layanan dengan nyaman dan lancar. Keemat tips tadi, yakni ;
- Bayar Biaya Langganan Sebelum Tanggal 20
IndiHome memberikan ketentuan agar semua pelanggan membayar biaya langganan sebelum tanggal 20. Jika melewati tanggal 20, akan mendapatkan denda IndiHome, mulai dari denda keterlambatan sampai internet yang diisolir. Agar terhindar dari denda ini, pelanggan IndiHome wajib membayar biaya langganan sebelum tanggal 20. Simpel dan mudah dilakukan.
- Jangan Tergiuar dengan Rayuan Jual Beli Paket IndiHome
IndiHome melarang keras pelanggan melakukan tindakan jual beli layanan IndiHome dalam bentuk apa pun. Pelanggaran atas ketentuan ini bisa membuat IndiHome melakukan pencabutan layanan secara sepihak. Pelanggan pun masuk daftar hitam atau blacklist dari pihak IndiHome. Pelanggan wajib menjauhi semua hal yang bisa membawa pelanggan untuk melakukan tindakan tidak terpuji ini. Paket IndiHome dikhususkan untuk Anda, bukan untuk orang lain.
- Bayar Biaya Langganan Rutin Tiap Bulan
Disinggung sebelumnya, IndiHome memiliki ketentuan pembayaran wajib dilakukan sebelum tanggal 20 di setiap bulannya. Tak sampai disitu, pelanggan pun wajib membayar rutin biaya langganan setiap bulan tepat waktu.
Berdasarkan ketentuan diatas, pelanggan harusnya membayar biaya langganan secara rutin tiap bulan. Telat saja satu bulan, sudah ada denda keterlambatan. Telat sampai 3 bulan, sudah ada denda pencabutan layanan. Membayar rutin tiap bulan bisa membuat pelanggan lebih ringan dan terhindar dari berbagai denda tadi.
- Komitmen Pada Perjanjian
IndiHome memiliki ketentuan bahwa pelanggan wajib berlangganan minimal 12 bulan. Berhenti berlangganan sebelum waktunya alias belum 12 bulan, bisa membuat pelanggan terkena denda pengakhiran. Komitmen pada perjanjian menjadi cara paling simpel ketika berlangganan paket IndiHome. Selain terhindar dari denda, pelanggan pun bisa menikmati layanan internet dengan nyaman. Komitmen perjanjian ini mulai dari rutin membayar tagihan setiap bulan. Setelah itu, rutin membayar biaya langganan sebelum tanggal 20. Dua hal sederhana tadi mudah tadi menjadi salah satu bentuk komitmen pelanggan terhadap perjanjian dengan IndiHome.
5. Penutup
Pelanggan IndiHome berhak mendapatkan layanan internet terbaik dari IndiHome. Namun, pelanggan IndiHome pun memiliki kewajiban kepada IndiHome. Ada banyak denda IndiHome yang menunggu jika pelanggan melanggar kewajiban. Semoga 4 tips yang sudah diberikan sebelumnya, bisa bermanfaat bagi semua pelanggan IndiHome di seluruh Indonesia agar terhindar dari denda IndiHome.***