Tagihan seringkali membuat pelanggan kebingungan. IndiHome memiliki metode pembayaran tagihan yang tak menyulitkan pelanggan. Ada banyak cara untuk melakukan cek tagihan wifi IndiHome.
IndiHome berdiri pada tahun 2015 lalu. Sejak tahun 2015 tadi, IndiHome terus aktif memberikan layanan internet kepada pelanggan. Pengalaman 8 tahun ini menjadi keunggulan IndiHome dibandingkan layanan provider lainnya. Telkomsel kini berada dalam naungan Telkomsel.
IndiHome melayani pemasangan IndiHome pada paket internet murah, wifi unlimited, stabil dan harga yang terjangkau dengan kebutuhan warga Indonesia. IndiHome menyediakan layanan Internet Only (1P), Dua Play (2P), dan Tripel Play (3P). Berikut ini, beberapa cara untuk cek tagihan wifi IndiHome Anda.
1. Waktu Penerimaan Tagihan
IndiHome memiliki aturan tersendiri soal waktu penerimaan tagihan kepada semua pelanggan. Ketentuan IndiHome soal tagihan tadi, yakni ;
- Pelanggan IndiHome akan menerima tagihan untuk penggunaan bulan sebelumnya pada tanggal 3 bulan ini.
- Silakan melakukan pembayaran sebelum tanggal 21 bulan berjalan. Jika tidak, pelanggan IndiHome mungkin mengalami gangguan pada layanan Anda dan akan dikenakan penalti 5%.
2. Cara Membayar Tagihan
Pelanggan IndiHome dapat membayar tagihan bulan melalui berbagai metode pembayaran yang telah disediakan. Berikut ini beberapa platform metode pembayaran yang dapat digunakan pelanggan, yakni;
a. ATM
Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sudah sangat masif di Indonesia, tak hanya di kota besar, tapi juga sudah sampai ke daerah-daerah. Kondisi ini memungkinkan pelanggan Telkomsel untuk membayar tagihan layanan telekomunikasi dengan mudah, aman, dan tanpa biaya tambahan.
b. Kartu Kredit
Beberapa tahun terakhir, kartu kredit juga kian menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia. Menggunakan kartu kredit, pelanggan wajib memakai kartu kredit Visa atau Mastercard. Selain itu, kartu kredit harus telah tersedia akun Autodebit di bank (tidak semua bank menerima akun Autodebit).
c. Internet Banking
Sebelum menggunakan internet banking, diharapkan pelanggan IndiHome memeriksa apakah bank Anda termasuk di dalamnya. Perlu ditegaskan, hanya tersedia untuk bank yang berpartisipasi.
d. Mobile Banking
Pembayaran tagihan IndiHome kian dipermudah melalui cara mobile banking. Cukup menggunakan smartphone, Anda bisa membayar melalui mobile banking. Pelanggan bisa membayar melalui Mobile Application Banking.
Pelanggan perlu memasukkan nomor IndiHome / telepon pada menu pembayaran. Perlu ditegaskan pula, mobile banking hanya tersedia untuk bank yang berpartisipasi.
e. SMS Banking
Selain mobile banking, pelanggan IndiHome juga bisa menggunakan SMS Banking. Pelanggan dapat mengaktifkan SMS Banking, caranya dengan mendaftar ke bank yang sudah memiliki layanan SMS Banking. Perlu ditegaskan pula, penggunaan SMS Banking hanya tersedia untuk bank yang berpartisipasi.
f. Uang Tunai
Ditengah kepungan sistem online, IndiHome pun tetap menyediakan sistem manual seperti uang tunai. Pelanggan IndiHome dapat membayar tagihan Telkomsel secara tunai (tunai) di lokasi fisik (mis. GraPARI, Indomart, dll.)
g. LinkAja
Bagi yang belum tahu, LinkAja adalah layanan uang elektronik untuk transaksi apa pun. LinkAja bisa membeli pulsa/data, bayar merchant, bayar tagihan, kirim donasi, kirim uang hingga bayar asuransi dan mengajukan pinjaman.
Adapun tata cara membayar tagihan melalui LinkAja, yakni ;
- Login aplikasi myIndiHome
- Selanjunya, pilih menu Tagihan atau Layanan Tambahan yang diinginkan.
- Pilih metode pembayaran LinkAja.
- Lalu, masukan nomor dan pin LinkAja.
- Selamat transaksi IndiHome Anda telah berhasil.
3. Informasi Tagihan
Pelanggan wajib tahu informasi soal segala hal IndiHome. Informasi ini penting untuk melakukan cek tagihan wifi IndiHome. Soal informasi tagihan, pelanggan bisa mendapatkan info pada beberapa layanan yang disiapkan IndiHome, yakni ;
- Aplikasi myIndiHome, dengan mengunduh aplikasi myIndiHome dari Google Play (Android) atau App Store (IOS).
- Akun Twitter TelkomCare dan Facebook TelkomCare
- Electronic Billing System (EBS), Anda akan dikirimi email sesuai dengan alamat email di data pelanggan IndiHome.
- Call center nomor 188
- Mendatangi GraPARI.
4. Permasalahan Tagihan
Meski tidak sering, beberapa kali ada dalam permasalahan tagihan ini. Ada beberapa permasalahan soal tagihan bulanan ini. Berikut ini beberapa permasalahan yang kerap datang, yakni ;
- Tagihan Tanpa Keterangan Biaya
Tagihan Anda diproses sebelum paket baru Anda diaktifkan. Biaya berlangganan untuk paket baru Anda dan pengembalian uang untuk berlangganan paket lama Anda akan tercantum pada tagihan Anda bulan depan.
- Tiba-tiba Tagihan Naik
Ada beberapa kemungkinan jika tagihan naik. Pertama, pelanggan melakukan keterlambatan pembayaran sehingga dikenakan denda sesuai aturan yang berlaku. Kedua, melakukan panggilan Internasional atau panggilan ponsel diluar kuota paket IndiHome.
- Tagihan Berbeda dengan Paket
Hal ini mungkin bisa membuat Anda keheranan jika ada perbedaan tagihan dengan paket. Soal permasalaan ini, kemungkinan terdapat beberapa penggunaan tambahan yang tidak termasuk dalam paket, contohnya AddOn, telepon, dll.
Selain hal tadi, terjadi perbedaan tagihan dengan paket karena kemungkinan Anda telat membayar biaya bulanan. Jika telat membayar, total tagihan Anda saat ini adalah total tagihan bulan sebelumnya + denda keterlambatan pembayaran + total tagihan bulan ini.
Jika tidak telat membayar biaya bulanan tapi tetap ada perbedaan denga paket, pelanggan bisa untuk lapor gangguan di aplikasi myIndiHome.***