IndiHome memiliki waktu jatuh tempo pembayaran tagihan biaya langganan. Denda IndiHome akan dikenakan kepada pelanggan jika telat membayar tagihan paket IndiHome sebelum waktu jatuh tempo.
IndiHome adalah provider penyedia layanan digital dengan teknologi Fiber Optik yang canggih dengan 3 layanan utama, yakni Internet Fiber, Telepon Rumah dan TV Interaktif. IndiHome kini berada di bawah naungan Telkomsel. IndiHome berdiri sejak tahun 2015 lalu. Sudah lebih dari 8 tahun berdiri, IndiHome sudah teruji menyediakan layanan internet terbaik bagi pelanggan di seluruh Indonesia.
Memberikan layanan internet dengan kecepatan tinggi, IndiHome menggunakan teknologi fiber optik. Sekedar informasi, fiber optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang lebih tipis dari sehelai rambut. Teknologi ini berfungsi mentransmisikan sinyal berupa cahaya dari satu tempat ke tempat lainnya.
Berdasarkan teknologi fiber optik tadi, IndiHome menyediakan tiga (3) layanan kepada warga Jogja. Ketiga layanan tadi adalah layanan Internet Only (1P), Dua Play (2P), dan Tripel Play (3P).
Melalui paket IndiHome, ada empat (4) jenis paket yang bisa dipilih, yakni ;
- Paket 1P (internet only): Memberikan kecepatan mulai internet 30 Mbps sampai 100 Mbps.Harga paket ini dimulai dari harga 280 Rupiah sampai 375 ribu Rupiah.
- Paket 2P (internet + telepon): Memberikan kecepatan mulai dari 30 Mbps sampai 50 Mbps. Harga paket ini dimulai dari harga 300 Rupiah sampai 360 ribu Rupiah.
- Paket 2P (internet + tv interaktif) : Memberikan kecepatan mulai dari 30 Mbps sampai 50 Mbps. Harga paket ini dimulai dari harga 370 Rupiah sampai 505 ribu Rupiah.
- Paket 3P (internet + telepon + tv interaktif) : Memberikan kecepatan mulai dari 30 Mbps sampai 50 Mbps. Harga paket ini dimulai dari harga 360 Rupiah sampai 515 ribu Rupiah.
1. Pasang Paket IndiHome Mudah Tidak ?
Proses pemasangan paket IndiHome dibuat tidak ribet dan sesimpel mungkin. Usai mendaftar ke marketing IndiHome, calon pelanggan kemudian melangkah pada proses selanjutnya. Pasca proses pendaftaran, calon pelanggan baru kemudian tinggal menunggu kedatangan petugas untuk melakukan proses pemasangan. Petugas IndiHome datang sehari atau dua hari seusai proses pendaftaran tadi. Adapun rincian prosedur pemasangan paket internet ini, yakni ;
- Tim IndiHome datang untuk survei jaringan dan kelayakan
- Petugas IndiHome akan melakukan ketersediaan tiang telepon yang ada di sekitar lingkungan calon pelanggan IndiHome
- Berapa banyak kabel yang diperlukan
- Mengecek kesulitan medan pemasangan
- Teknisi melakukan instalasi IndiHome
Ketersediaan jaringan fiber optik menjadi penentu cepat atau tidaknya proses pemasangan. Jika dalam seminggu pasca pendaftaran tidak datang, calon pelanggan IndiHome bisa datang ke Plasa Telkom untuk meminta percepatan pemasangan.
2. Apa Denda IndiHome Jika Telat Bayar Langganan ?
IndiHome sudah memberikan banyak layanan terbaik kepada semua pelanggan di seluruh Indonesia. IndiHome pun memiliki aturan soal jatuh waktu tempo untuk pembayaran biaya langganan bulanan. Jatuh tempo pembayaran langganan paket IndiHome sudah ditetapkan pada tanggal 20 di setiap bulannya. Melewati tanggal 20, pelanggan bisa mendapatkan denda IndiHome.
Telat membayar tagihan bulanan, ada beberap denda IndiHome yang bisa didapatkan oleh pelanggan. Setidaknya ada 4 macam denda IndiHome yang bisa dikenakan kepada pelanggan jika telat membayar biaya langganan IndiHome. Adapun 4 macam denda IndiHome, yakni ;
- Denda Keterlambatan
Pelanggan wajib membayar biaya tagihan langganan bulanan sebelum tanggal 20. Melewati tanggal 20, denda keterlambatan bisa dikenakan kepada pelanggan IndiHome. Denda keterlambatan ini mulai dari 5 % sampai 10 % dari biaya tagihan yang dibayarkan per bulan.
- Internet Diisolir
Tak hanya mendapatkan denda keterlambatan sebesar 5 % sampai 10 %, pelanggan pun bisa mendapatkan denda tambahan. Denda yang dimaksud itu adalah internet diisolir jika melewati telat membayar biaya langganan tanggal 20. IndiHome akan memutus sambungan Layanan IndiHome (Telepon, Internet, dan/atau IndiHome TV) akan di-Isolir mulai tanggal 21.
- Denda Pencabutan Layanan
Jika telat pembayaran terus berlanjut, ada sanksi lain tak hanya harus membayar denda keterlambatan. Tiga bulan berturut-turut tidak membayar biaya bulanan, bisa menyebabkan denda pencabutan layanan.
- Denda Pengakhiran
Sanksi lain bisa didapatkan oleh pelanggan IndiHome menunggak biaya bulanan tagihan selama 3 bulan berturut-turut. Akan berlaku denda pengakhiran jika berhenti langganan sebelum mencapai 12 (dua belas) bulan. Menurut aturan kontrak berlangganan IndiHome, pelanggan wajib menjalani minimal 12 bulan langganan. Denda pengakhiran ini sebesar 1 juta Rupiah.
3. Penutup
Pelanggan IndiHome tak boleh meremehkan waktu pembayaran biaya langganan bulanan. Telat membayar dan melewati masa jatuh tempo pembayaran pada tanggal 20, pelanggan akan mendapatkan denda keterlambatan. Selain denda keterlambatan, ada denda IndiHome lain jika telat pembayaran terus berlarut, mulai dari internet diisolir, denda pencabutan layanan hingga denda pengakhiran.***