IndiHome tidak pernah memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan. Masuk tahun baru 2024, IndiHome telah menyiapkan 188 sebagai nomor Call Center IndiHome baru dan satu-satunya untuk melayani pelanggan setia.
Bagi yang belum tahu, IndiHome adalah layanan digital dengan teknologi Fiber Optik yang canggih, merupakan bagian dari Telkomsel. IndiHome sudah berdiri sejak tahun 2015 lalu, artinya sudah 8 tahun lebih melayani pelanggan IndiHome.
IndiHome sudah hampir tersebar di seluruh Indonesia. Tercatat, jaringan IndiHome sudah ada di 500 lebih kota/kabupaten di Indonesia. IndiHome sudah memiliki 8 juta pelanggan di seluruh Indonesia.
IndiHome sendiri memiliki 3 layanan yang dipilih masyarakat, khususnya masyarakat Jogja. Ketiga layanan tadi adalah layanan Internet Fiber, Telepon Rumah dan TV Interaktif.
Seperti sudah disinggung sebelumnya, IndiHome terus berusaha memberikan layanan terbaik kepada pelangga setia. Pelayanan lapor gangguan IndiHome menjadi fokus IndiHome.
Melayani pelanggan, IndiHome telah menyiapkan call center yang telah disiapkan. Selama bertahun-tahun, call center IndiHome adalah 147. Namun, mulai 1 Januari 2024, call center IndiHome adalah 188.
1. Apa itu Call Center ?
Nama lain Call Center juga adalah layanan customer. Tugas call center sebagai jembatan atau penghubung antara konsumen dengan perusahaan. Call center harus selalu siap menerima keluhan konsumen setiap saat.
Setidaknya ada tiga tugas Call Center bagi sebuah perusahaan, yakni ;
- Memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan dan menerima pertanyaan yang diajukan pelanggan.
- Memberikan dukungan serta meningkatkan penjualan kepada pelanggan.
- Melakukan kegiatan marketing atau pemasaran jarak jauh melalui sambungan telepon.
Sejak lama, call center IndiHome dapat dihubungi pada nomor 147. Namun, sejak pertengahan tahun 2023 ini, pelanggan IndiHome pun bisa menghubungi nomor 188. Mulai 1 Januari 2024, satu-satunya call center IndiHome pada nomor 188.
2. Cara Menghubungi Call Center 188 ?
Menangani masalah lapor gangguan IndiHome ini, satu-satunya call center IndiHome adalah pada nomor 188. Selain pada nomor 188, pelanggan pun bisa menghubungi melalui email di cs@telkomsel.com.
Langkah-langkah pengaduan via call center IndiHome ini, adalah ;
- Sebelum menghubungi nomor 188, pastikan Anda memiliki pulsa yang cukup
- Setelah pulsa mencukupi, anda bisa menghubungi nomor 188 pada smartphone Anda
- Usai dihubungi, pihak IndiHome akan ada sapaan Selamat Datang di IndiHome
- Anda tekan 1 agar pihak IndiHome menggunakan bahasa Indonesia dan 2 untuk
- Jika lebih nyaman dengan bahasa Inggris, tekan nomor 2
- Setelah itu, tekan 2 kembali untuk penyelesaian masalah IndiHome
- Operator IndiHome akan menyapa Anda
- Setelah operator menyapa, Anda sampaikan masalah jaringan wifi IndiHome yang terjadi saat ini
- Selesai.
Tanpa ragu, Call Center IndiHome siap melayani Anda selama 24 jam penuh. Ini menjadi bentuk keseriusan IndiHome dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan IndiHome setianya.
3. Bagaimana Cara Menghubungi Call Center 147 ?
Masuk tahun 2024, IndiHome membuat pengumuman resmi soal call center ini. Selama beberapa tahun terakhir, call center IndiHome pada nomor 147. Mulai masuk tahun 2023, pelanggan pun bisa melalui nomor Call Center 188.
Pengumuman IndiHome soal Call Center kepada pelanggan, menegaskan satu-satunya call center IndiHome adalah 188. Hal ini mulai mulai berlaku 1 Januari 2024.
Lalu muncul pertanyaan, bagaimana dengan call center 147 ? Pelanggan kini diarahkan untuk hanya menghubungi call center pada nomor 188. Pelanggan diminta tak lagi menghubungi call center 147.
4. Alasan Jaringan IndiHome Terganggu
Jaringan internet di seluruh Indonesia beberapa kali terganggu. Berikut ini beberapa penyebab gangguan jaringgan IndiHome, yakni ;
- Modem Rusak : Kerusakan modem bisa mengganggu kelancaran jaringan IndiHome. Pelanggan disarankan untuk memeriksa modem saat ada gangguan jaringan. Sebelum ada kerusakan modem, pelanggan IndiHome disarankan untuk dapat memelihara modem lebih awal.
- Sedang ‘Maintenance’ Jaringan : Gangguan jenis juga kerap terjadi. Melalui masa ‘maintenance’ ini, diharapkan jaringan internet bisa terus terjaga. Setelah masa ‘maintenane’, jaringan internet Anda bisa menjadi lebih baik.
- Kabel Fiber Optik Rusak : Pada jaringan internet, kabel optik sangat vital. IndiHome memiliki kabel optik terbaik. Kerusakan kabel fiber optik bisa menyebabkan terjadinya gangguan jaringan internet IndiHome. Kabel fiber bisa rusak jika ada beberapa gangguan seperti putus atau kena gigitan merah dalam perangkat modem IndiHome.
5. Penutup
Gangguan jaringan internet kerap terjadi. Pelanggan IndiHome bisa menghubungi call center 188 untuk penyelesaian lapor gangguan IndiHome ini. Mulai 1 Januari 2024, nomor 188 menjadi satu-satunya call center IndiHome. Setelah 1 Januari 2024, call center 147 mulai tak berlaku bagi pelanggan IndiHome. Selain menghubungi nomor 188, pelanggan IndiHome bisa menghubungi melalui email di cs@telkomsel.com. Call center IndiHome bekerja selama 24 jam penuh.***